PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BANCAK KEC.BANCAK KAB.SEMARANG TAHUN 2013/2014

Ilmi, Ayu Afida (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BANCAK KEC.BANCAK KAB.SEMARANG TAHUN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ayu Afida Ilmi_11509044.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Kurangnya pengelolaan guru dalam pembelajaran menyebabkan sebagian besar siswa mengalami hambatan dalam melakukan praktik salat, lebih khususnya pada gerakan dan bacaan salat. Berdasarkan observasi, proses pembelajaran di MI Darussalam Bancak masih menggunakan metode ceramah. Guru jarang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran, sehingga siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini yang tepat dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian ini sebagai upaya peningkatan kemampuan praktik salat siswa kelas IV MI Darussalam Bancak Tahun ajaran 2013/2014. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan gerakan yang benar dalam praktik salat siswa? dan (2) apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan bacaan yang benar dalam praktik salat siswa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih dalam materi salat, dibuktikan dengan adanya peningkatan gerakan siswa pada pra siklus 50,37% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 55,09%, pada siklus II meningkat menjadi 58,24%, dan pada siklus III meningkat menjadi 66,57%. Demikian juga adanya peningkatan bacaan siswa pada pra siklus 62,31% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 66,2%, pada siklus II meningkat menjadi 70,27%, dan pada siklus III meningkat menjadi 75,46%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:46
Last Modified: 17 Feb 2016 03:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item