PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI SUMBER DAYA ALAM (SDA) MELALUI METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SURUH 02 KAB SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Santi, Ifa Kumala (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI SUMBER DAYA ALAM (SDA) MELALUI METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SURUH 02 KAB SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ifa Kumala Santi _11510008.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar dan semangat belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Suruh 02 Kab. Semarang pada mata pelajaran IPS. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Sumber Daya Alam (SDA) siswa kelas IV MI Muhammadiyah Suruh 02 Kab. Semarang tahun pelajaran 2014/2015?”. Berdasarkan pertanyaan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Sumber Daya Alam (SDA) melalui metode team quiz siswa kelas IV MI Muhammadiyah Suruh 02 kab Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui metode team quiz, subjek penelitian yang digunakan siswa kelas IV MI Muhammadiyah Suruh 02 Kab. Semarang dengan jumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obersvasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian pada ke tiga siklus maka diperoleh data bahwa rata-rata tiap siklus terjadi peningkatan Pada siklus I hasil rata-rata pre test adalah 57 sedangkan pada pos tes adalah 70. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 13. Pada siklus II rata-rata pre test adalah 60 sedangkan pada post tes adalah 75. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 15. Pada siklus III rata-rata pre test 62,5 sedangkan pada post tes adalah 80.5. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan cukup tinggi sebesar 18. Jika dilihat secara keseluruhan dari siklus I dengan persentase siswa yang tuntas sebanyak 50% ada 10 siswa yang tuntas. Pada siklus II dengan persentase siswa yang tuntas sebanyak 85% ada 17 siswa yang tuntas. Sedangakan siklus III dengan persentase siswa yang tuntas sebanyak 90% ada 18 siswa yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat di simpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi sumber daya alam siswa kelas IV MI Muhammadiyah Suruh 02 sehingga pengembangan pembelajaran IPS melalui metode team quiz dapat menjadi salah satu metode yang digunakan pada mata pelajaran lain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:48
Last Modified: 17 Feb 2016 03:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item