IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCA JIWA PONDOK BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AGRO NUR EL FALAH

Juliono, . (2015) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCA JIWA PONDOK BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AGRO NUR EL FALAH. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Juliono_11109118.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pondok pesantren mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam. Untuk mencetak generasi penerus yang cerdas dan berahklaq mulia untuk mencapai semua itu maka perlu adanya manajemen pendidikan di pondok pesantren tersebut, seperti pondok pesantren Agro Nur El Falah Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai panca jiwa pondok bagi santri di pondok pesantren Agro Nur El Falah. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep nilai-nilai panca jiwa pondok di Ponpes Agro Nur El Falah? (2) Bagaimana implementasi nilai-nilai panca jiwa pondok dalam kehidupan di pondok pesantren Agro Nur El Falah ? (3) Faktor apakah yang mendukung dan menghambat implementasi panca jiwa pondok? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab penelitian. Temuan penelitian ini bahwa pengasuh ponpes adalah alumni pondok Moderen Gontor, sehingga beliau juga mengajarkan nilai dari panca jiwa pondok. Panca jiwa pondok sudah sering disampaikan oleh pengasuh baik dalam upacara, kuliah umum, MOS, dan lain-lain. Pada kenyataanya masih banyak santri yang mengolok-olok teman, berkelahi, mencuri milik teman, mbolos sekolah, melanggar tata tertib, bahkan melakukan pelanggaran berat yang berakibat dikeluarkan dari pondok. Ada beberapa faktor yang menajdikan implementasinya belum maximal, di antaranya kurangnya kerja sama antar asatidz dalam mengawasi santri, kurangnya kegiatan yang bisa membuat santri menjadi keluarga besar, sarana prasarana yang rusak dan tidak segera ditangani, harus ada contoh riil dari asatidz maupun santri senior, kepribadian santri ketika di rumah. Maka dari itu dibutuhkan kerja sama dari asatidz untuk semakin getol dalam mengarahkan, membimbing, mendidik, dan mengawasi santri untuk mencapai tujuan yang di inginkan yang sesuai dengan visi dan misi di pondok ini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 07:33
Last Modified: 17 Feb 2016 07:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item