STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KAJIAN STANDAR KOMPETENSI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rebawa, Jaka (2015) STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KAJIAN STANDAR KOMPETENSI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Jaka Rebawa_M1.12008.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Kurikulum sifatnya dinamis karena selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan dan tantangan zaman. Ketegasan kurikulum dan implementasinya sangat dibutuhkan untuk membenahi kinerja pendidikan yang jauh tertinggal dengan negara-negara maju di dunia. Indonesia Selama era reformasi, telah mengalami tiga perubahan kurikulum dalam skala nasional anatara lain Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006/2007 dan saat ini muncullah kurikulum 2013. Dari perkembangan kurikulum yang terjadi kemungkinan adanya perbedaan implemensi pada standar kompetensinya antara kurikulum KTSP dengan kurikulum 2013, maka hal ini perlu diadakan pengkajian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. mengambil objek studi pada implementasi K. KTSP dan K. 2013 di SMA N 1 Salatiga, SMA Islam Sudirman dan SMA N 1 Tengaran Kab. Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan wawancara bebas (non terstruktur). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan induksi analitik. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa Implementasi K. KTSP PAI pada SK di SMAN 1 Salatiga, SMA Islam Sudirman Ambarawa dan SMAN 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2013/2014 telah terlaksanakan dengan baik karena telah mengikuti struktur kurikulum yang telah ditentukan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 dan PP Nomor 19 tahun 2005 dan Implementasi K. 2013 Mapel PAI pada SK terimplementasi baik sesuai Permendikbud No. 54 Tahun 2013 Standar Isi diturunkan dari SKL melalui KI yang bebas mata pelajaran, adapun KI meliputi: 4 KI. Perbedaan mendasar pada SK nya (SI) dan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum KTSP, sedangkan kurikulum 2013 acuan utamanya adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti sebagai organising element. Faktor kesulitan dan hambatan yang dihadapi adalah dalam memberikan penilaian, penunjang media dalam penerapan riilnya, waktu, penyusunan RPP dengan benar, siswa kesulitan menguasai materi. Cara yang dilakukan pihak sekolah melengkapi sarana dan prasarana penunjang, selalu mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan dan workshop, membuat penyederhanaan materi pelajaran melalui KKG dan BKG, memberikan jam tambahan dan konsultasi akademik terhadap siswa da memberikan penugasan penguatan dan penyuluhan kepada siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 07:56
Last Modified: 17 Feb 2016 07:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item