MANAJEMEN PEMASARAN PEMBIAYAAN DI BMT MUHAJIRIN SALATIGA

Oktaviani, Salaswati (2018) MANAJEMEN PEMASARAN PEMBIAYAAN DI BMT MUHAJIRIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (82kB)

Abstract

Lembaga keuangan sebagai institusi / lembaga yang mempunyai peranan penting dalam bidang ekonomi. Karena kegiatan utama dan perbankkan dalam masyarakat sebagai bentuk pemberian kredit. Usaha bank umum pemerintah maupun swasta dalam fasilitas pemberian kredit/modal, ternyata belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang belum terjangkau tersebut pada umumnya adalah pedagang kecil di pasar, pengrajin, dan sektor-sektor usaha lainnya yang pada umumnya pengetahuan mengenai perbankkan masih minim sekali. BMT Muhajirin Salatiga berdiri dari keinginan organisasi-organisasi Islam yang ada, dan berdiri di bawah naungan Departemen Koperasi. BMT ini bergerak dalam sektor simpan pinjam yang berorientasi pada masyarakat menengah ke bawah. Usaha-usaha yang ditawarkan di BMT ini adalah produk pengerahan dana dan produk pembiayaan. Produk pengerahan dana ini bertujuan untuk menggali dana dari masyarakat supaya bisa dimanfaatkan secara periodik untuk pengembangan umat. Sedangkan produk pembiayaan merupakan penyaluran dana yang tidak diberikan dalam bentuk tunai, tetapi dalam bentuk pembiayaan modal usaha. Manajemen pemasaran yang digunakan di BMT Muhajirin Salatiga ditujukan untuk mencapai tujuan BMT yaitu bagaimana cara meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan dalam memberikan pembiayaan faktor kekuatan modal mempengaruhi besarnya pembiayaan yang disalurkan, maka diperlukan strategi meraih dana sebagai salah satu sumber modal pada BMT Muhajirin. Selain strategi meraih dana, ada strategi lain yang digunakan adalah strategi penggunaan dana yaitu transaksi-transaksi keuangan BMT yang dapat mengakibatkan bertambahnya harta tetap/ berkurangnya modal. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, BMT juga mengalami banyak sekali kendala yang dihadapi adalah timbulnya di bidang distribusi jasa, pinjamanpinjaman yang tidak lancar yang membuat berkurangnya sumber modal pada BMT Muhajirin dan masih sedikit masyarakat yang menggunakan jasa dari BMT Muhajirin yang disebabkan informasi yang kurang kepada masyarakat. Dan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, seperti : kendala yang timbul di bidang distribusi, jasa, produktifitas dan mobilitas tenaga kerja serta pinjaman-pinjaman yang tidak lancar, maka diperlukan manajemen pemasaran pembiayaan yang baik untuk mencapai tujuan BMT. Kata kunci : Manajemen, Pemasaran, Peminjam dan Pembiayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2018 05:03
Last Modified: 19 Mar 2018 05:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item