TINGKAT PERKEMBANGAN PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI PT. BPR SYARIAH ASAD ALIF SUKOREJO KENDAL

Rahayu, Nungki Assari (2018) TINGKAT PERKEMBANGAN PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI PT. BPR SYARIAH ASAD ALIF SUKOREJO KENDAL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
COVER-DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (123kB)

Abstract

Bank adalah lembaga intermediasi keuangan yang menghubungkan pihak yang kelebihan dana (surplus) dengan pihak yang kekurangan dana (minus) dan menyediakan jasa-jasa keuangan bagi kedua unit tersebut. Kehadiran bank syariah di tengah-tengah bank perbankan konvensional adalah untuk menawarkan system perbankan alternatif bagi umat Islam yang membutuhkan atau ingin memperoleh layanan jasa perbankan tanpa harus melanggar riba. Semakin banyaknya bank syariah di Indonesia, maka muncullah Bank Perkreditan Rakyat Syariah dimana merupakan lembaga keuangan yang serupa tetapi tidak sama dengan bank, karena tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Hasil penelitian dengan mengangkat judul Tugas Akhir yaitu Tingkat Perkembangan Produk Tabungan Mudharabah di PT. BPR Syariah Asad Alif Sukorejo Kendal. Mula-mula pada tanggal 2 Februari 1996, lembaga tersebut bernama Balai Usaha Mandiri Terpadu (BMT) “Arga Putra Kencana”. Namun setelah berjalan kurang lebih satu tahun nama tersebut berubah menjadi PT. BPR Syariah Asad Alif yang beroperasi pada tanggal 5 November 1997. Usaha-usaha yang ditawarkan di BPR Syariah Asad Alif ini adalah produk penghimpunan dana dan produk penyaluran dana. Produk penghimpunan dana yang ada di BPR Syariah Asad Alif yaitu salah satunya produk yang menggunakan prinsip mudharabah. Dimana terbagi menjadi tiga jenis tabungan yaitu tabungan Ummat, tabungan Idul Fitri dan TARMUS. Dari ketiga jenis tabungan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, maka akan terlihat perbedaan dan persamaannya. Perkembangan produk tabungan mudharabah ini tergantung bagaiman cara dalam memasarkan setiap produk yang ada. Semakin banyak nasabah maka semakin banyak jumlah dana yang didapat. Dengan melihat adanya berbagai produk tabungan mudharabah tersebut maka akan terlihat perbedaan tingakt perkembangan dari masing-masing produk yang ditinjau dari jumlah nasabah dan jumlah nominal dana. Kata Kunci : Perkembangan, Produk, Tabungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2018 07:46
Last Modified: 19 Mar 2018 07:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3092

Actions (login required)

View Item View Item