MODEL PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SE-KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Wuryani, Sri (2015) MODEL PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SE-KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Sri Wuryani_11110112.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang model pelaksanaan supervisi klinis di SMP se Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana model pelaksanaan supervisi klinis pada guru pendidikan agama Islam se Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2014/2015? (2) Apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi klinis pada guru pendidikan agama Islam se Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2014/2015? (3) Apakah upaya-upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala pelaksanaan supervisi klinis pada guru pendidikan agama Islam se Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2014/2015?. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sesuai dengan analisis, maka yang dilakukan penulis adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Model pelaksanaan supervisi klinis pada guru pendidikan agama Islam: SMP N 3 (model yang dipakai perkunjungan kelas dan pecakapan pribadi), SMP N 2 (model yang dipakai observasi kelas dan percakapan pribadi), SMP PGRI (model yang dipakai percakapan pribadi). (2) Kendala yang dihadipi dalam pelaksanaan supervisi klinis pendidikan agama Islam SMP N 3: (kendala untuk metode kunjungan kelas siswa dirasa terganggu oleh supervisor yang masuk ke dalam kelas ketika proses belajar mengajar, kendala untuk metode percakapan pribadi memakan banyak waktu), SMP N2(kendala untuk metode observasi kelas guru terlihat canggung dalam mengajar, kendala untuk metode percakapan pribadi minimnya waktu guru ketika tidak mengajar.), SMP PGRI (minimnya jam kosong untuk guru dalam mengajar). (3) Upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala supervisi klinis: SMP N 3 (upaya yang dilakukan untuk metode perkunjungan kelas dengan melakukan pengamatan diluar kelas, upaya yang dilakukan untuk metode percakapan pribadi guru yang di supervisi diajak untuk berdiskusi sesingkat mungkin), SMP N 2(upaya untuk metode observasi kelas dengan membagikan angket kepada peserta didik dimana isinya adalah mengenai bagaimana cara guru itu mengajar, upaya untuk metode percakapan pribadi adalah melakukan pertemuan dengan guru yang bersangkutan berkali kali, SMP PGRI (upaya untuk metode percakapan pribadi melakukan pertemuan dengan guru yang bersangkutan beberapa kali).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 02:39
Last Modified: 18 Feb 2016 02:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item