UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI FIRING LINE BAGI SISWA KELAS III MI RAUDLATUL MUTA’ALIMIN DESAPAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Purwati, Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI FIRING LINE BAGI SISWA KELAS III MI RAUDLATUL MUTA’ALIMIN DESAPAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Sri Purwati_11510002.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi pelestarian lingkungan melalui strategi firing line di MI Raudlatul Muta’alimin Bringin. Menurut informasi dari guru kelas III, dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS di MI Roudhotul Muta’alimin desa Pakis, guru masih banyak menjelaskan dengan metode ceramah, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pertayaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah “Apakah strategi firing line dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pelestarian lingkungan bagi siswa kelas III di MI Roudhotul Muta’alimin Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran strategi firing line dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi pelestarian lingkungan dan pencapaian target KKM kelas pada siswa kelas III MI Raudlatul Muta’alimin Kecamatan Bringin. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki yang berjumlah 9 orang dan siswa perempuan yang berjumlah 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari hasil soal test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Presentase = Frekuensi : Jumlah siswa x 100. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi pelestarian lingkungan melalui strategi firing line meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil Penelitian Tindakan Kelas pada pra siklus siswa yang tuntas dalam KKM 5,8 sebanyak 13 siswa atau 56,53%. Pada siklus I siswa yang tuntas dengan KKM 5,8 sebanyak 16 siswa atau 69,57% meningkat 13,04% dari pra siklus. Siklus II dicapai persentase ketuntasan belajar dengan KKM 5,8 sebanyak 22 siswa atau meningkat 26,08% dari siklus I. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas melalui strategi Firing line di MI Raudlatul Muta’alimin Bringin Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi firing line dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pelestarian lingkungan pada siswa kelas III MI Raudlatul Muta’alimin Pakis Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Mengacu pada temuan tersebut maka penulis merekomendasikan agar strategi pembelajaran firing line dapat digunakan dalam pembelajaran IPS materi pelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 02:50
Last Modified: 18 Feb 2016 02:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item