Fadli, Farihul (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS MA’ARIF 3 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Farihul Fadli_11110121.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Seorang guru mengajar di dalam kelas tidak lepas dari teknik dan cara bagaimana menyampaikan materi pelajaran kepada murid. Guru dituntut untuk membaca situasi dan sesegera mungkin melakukan variasi gaya mengajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi dan menghilangkan kejenuhan siswa mengikuti pelajaran. Menanggapi hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Persepsi siswa tentang variasi gaya PAI mengajar guru MTs Ma‟arif 3 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 2) Motivasi belajar siswa MTs Ma‟arif 3 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 3) Ada tidaknya pengaruh Persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar siswa MTs Ma‟arif 3 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa MTs Ma‟arif 3 Grabag penulis melakukan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik angket adalah metode yang penulis pilih dalam melakukan penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampel kuota atau quota sample. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 60 siswa dari jumlah total 145 siswa.Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis statistik yang berlaku, menggunakan rumus product moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs Ma‟arif 3 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket mengenai persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil, untuk kategori tinggi mencapai 51,72%, kategori sedang mencapai 51,72% dan kategori rendah mencapai 0%. Untuk hasil angket mengenai motivasi belajar siswa kategori tinggi mencapai 34,48%, kategori sedang mencapai 53,44% dan kategori rendah mencapai 15,51%. Dari hasil analisis yang telah dilakukan secara sistematik diperoleh hasil akhir yaitu hasil r hitung (r h ) adalah 0,283 berada diatas r tabel (r t ) pada taraf signifikasi 5% yaitu 0,254 dengan N = 60. Berdasarkan hasil tersebut diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian telah terbukti adanya kecocokan antara hipotesis dan hasil di lapangan, sehingga hasilnya dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 03:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 03:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/343 |
Actions (login required)
View Item |