MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN FIKIH MELALUI METODE DRILL (Studi Pada Kelas IV MI Salafiyah Ngepanrejo II, Bandongan, Magelang Tahun 2008)

Sulistyowati, Wuri (2008) MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN FIKIH MELALUI METODE DRILL (Studi Pada Kelas IV MI Salafiyah Ngepanrejo II, Bandongan, Magelang Tahun 2008). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
1140449_WURI SULISTYOWATI.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini berujudul "Meningkatkan Penguasaan Materi Pelajran Fikih Melalui Metode Drill (Stndi pada Kelas IV MI Salafiyah Ngepanrejo II Bandongan Magelang Tahun 2008). Untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran fikih pada pokok bahasan ’’Tata cara shalat dalam keadaan sakit, banyak cara yang sudah dilaksanakan oleh guru di Madras?.h ini, tapi sepertinya belum berhasil. Maka dari itu peneliti mencoba menggunakan metode drill. Selain memahami ata cara shalat keadaan sakit guru dituntut untuk berusaha mengembangkan ketrampilan menggunakan metode tersebut, yang disesuaikan dengan kondisi Madrasah setempat. Agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik, maka guru harus merancang proses belajar mengajar dan melibatkan siswa secara aktif, baik mental maupun fisiknya. Fungsi pembelajaran dengan metode diatas, sebagai alat bantu bagi guru dan pembawa informasi yang dibutuhkan oleh siswa. Hal ini diharapkan dapat memotivasi seluruh siswa kelas IV MI Salafiyah Ngepanrejo II Bandongan Magelang pada tahun pelajaran 2007/2008 beserta guru kelasnya, yang menjadi subjek penelitian. Peneliti melaksanakan pembelajaran ini dalam 3 siklus. Tiap-tiap siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setelah melaksanakan tes formatif pada siklus I kemampuan siswa mencapai nilai rata-rata 5,62. Ketentuan belajar klasikal mencapai 44,76%. Pada siklus II nilai tes formatif pada siklus II kemampuan siswa mencapai rata-rata 6,32, ketentuan belajar klasikal mencapai 64,76%. Pada siklus III nilai tes formatif pada siklus III siswa mencapai nilai rata- rata 7,2, ketentuan belajar klasikal mencapai 70,47% Sebagai catatan bahwa meskipun pada siklus I rata-rata nilai kurang memuaskan karena siswa belum terbiasa dengan metode yang digunakan, dan pada siklus II siswa sudah ada peningkatan karena siswa sudah mengerti dan pada siklus III hasilnya sudah memuaskan karena siswa semua sudah aktif dengan metode yang digunakan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada mata pelajaran fikih khususnya pada pokok bahasan tata cara shalat dalam keadaan sakit dengan menggunakan metode drill. Maka guru hendaknya menggunakan metode tersebut baik untuk menanamkan konsep kepada siswa maupun variasi dalam mengajar. Kata Kunci: Penguasaan materi eiajaran, fikih, metode drill.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2018 01:31
Last Modified: 09 Apr 2018 01:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item