PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN STRATEGI CARD SORT DI MI ISLAMIYAH TANJUNG KLEGO BOYOLALI TAHUN 2014

Riyana, Siti Farida Sinta (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN STRATEGI CARD SORT DI MI ISLAMIYAH TANJUNG KLEGO BOYOLALI TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Farida Sinta Riyana_11510080.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika kelas V pada materi sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan strategi card sort di MI Islamiyah Tanjung Klego, Boyolali tahun 2014. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilakukan selama 5 bulan mulai bulan Mei- Agustus 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, skala sikap, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, II dan III diperoleh data seperti berikut: Standar KKM matematika adalah 65, sebelum menggunakan strategi card sort hanya ada 29% (6 siswa) yang lulus, sedangkan 71 % (15 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah penggunaan strategi card sort dalam pelajaran matematika pada siklus I diperoleh data 43% (9 siswa) lulus dan 57% (12 siswa) belum lulus, jika dilihat terjadi peningkatan sebesar 14%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 67% (14 siswa) lulus sedangkan 33% (7 siswa) belum lulus/ belum memenuhi standar KKM, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 24% dibanding pada siklus I. Hasil dari siklus III menunjukkan 76% (16 siswa) telah dinyatakan lulus sedangkan 24% (5 siswa) belum memenuhi standar KKM. Perbandingan hasil siklus III dibanding siklus II yaitu terjadi peningkatan sebesar 9%, sedangkan jika dibandingkan dengan siklus I terjadi peningkatan sebesar 33%. Berdasarkan hal tersebut berarti ada hubungan antara penggunaan strategi pembelajaran aktif yang pada kali ini adalah strategi card sort dengan hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V materi sifat-sifat bangun datar di MI Islamiyah Tanjung Klego, sehingga strategi card sort diharapkan dapat menjadi alternatif yang dapat diterapkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran terutama pada pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 03:39
Last Modified: 18 Feb 2016 03:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item