Harlita, Ummi (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MENGGUNAKAN MEDIA MAKET PADA SISWA KELAS III MI AL MA’ARIF KARANGKEPOH KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/1015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Ummi Harlita_11510036.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada matapelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III di MI Al Ma’arif Karangkepoh, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al Ma’arif Karangkepoh berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Prosedur Pelaksanaan Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut; prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) matapelajaran IPA yang sudah ditetapkan di MI Al Ma’arif Karangkepoh adalah 65.Pada siklus I dari20 siswa kelas III setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media maket yang berhasil mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal adalah 13 siswa (65%). Pada siklus II mengalami peningkatan 20% dari siklus I menjadi 17 siswa (85%). Hasil ini diperoleh dari nilai akhir pembelajaran baik dari siklus I maupun siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan Media Maket dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa MI Al Ma’arif Karangkepoh, Kabupaten Boyolali, kelas III materi kenampakan permukaan bumi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 03:44 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 03:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/352 |
Actions (login required)
View Item |