Istiqomah, Whayu (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CARA MANUSIA DALAM MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS III MI SALAFIYAH KENDAL KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Wahyu Istiqomah_11510059.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya penulis untuk mengetahui penggunaan metode resitasi dalam peningkatan prestasi belajar IPA materi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam pada siswa kelas III MI Salafiyah Kendal Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 6siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari hasil pre test dan post test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase = frekuensi : jumlah siswa x 100 %. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa penggunaan metode resitasi pada pokok bahasan cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam mengalami peningkatan mulai pada siklus I siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 5 siswa atau 38,46 %, kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus II dicapai persentase ketuntasan belajar dengan KKM 70 sebanyak 8 siswa atau 61,53%, pada Siklus III dicapai persentase ketuntasan belajar dengan KKM 70 sebanyak 11 siswa atau 84,61%. Dari siklus I ke siklus II kemudian ke siklus III masing-masing mengalami peningkatan hasil belajar 3 siswa atau 23,07%. Kesimpulannya adalah pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam pada siswa kelas III MI Salafiyah Kendal Desa Sampetan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar yang awalnya rendah menjadi meningkat setelah penerapan metode resitasi saat pembelajaran, yaitu pada rata-rata kelas pada siklus I adalah 62,69, meningkat pada siklus II menjadi 69,23 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 79,23.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 03:52 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 03:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/355 |
Actions (login required)
View Item |