PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT - SIFAT CAHAYA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA SISWA KELAS V MI AL MAHMUD KUMPULREJO 01 KEC. ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sa'adah, Ulis (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT - SIFAT CAHAYA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA SISWA KELAS V MI AL MAHMUD KUMPULREJO 01 KEC. ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ulis Saadah_11510046.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya Penulis untuk mengetahui penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learnin dapat meningkatkan Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V MI Al Mahmud 01 Kumpulrejo Argomulyo, Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015” ? Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI al Mahmud 01 Kumpulrejo yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 18 siswa laki- laki dan 6 siswi perempuan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning( CTL ) pada materi sifat – sifat cahaya mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai siklus III yaitu pada siklus I ke siklus II, angka peningkatan jumlah siswa yang dapat mencapai KKM meningkat sebanyak 5 siswa atau 20,8%. Dari siklus II ke siklus III, angka peningkatan jumlah siswa yang dapat mencapai KKM meningkat sebanyak 2 siswa atau 8,3% Kesimpulannya adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V MI Al Mahmud Kumpulrejo. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang awalnya rendah menjadi meningkat dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 03:55
Last Modified: 18 Feb 2016 03:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item