Najib, Ainun (2018) Peningkatan HasilBelajar PAI Materi Sikap Jujur Dengan Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas X TAV SMK N 1 Bancak Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
CD AINUN NAJIB.pdf Download (3MB) |
Abstract
Najib, Ainun. 2018. PeningkatanHasilBelajar PAI MateriSikapJujurDenganMetode Talking Stick PadaSiswaKelas X TAV SMK N 1 BancakTahunPelajaran 2017/2018. Skripsi. Program StudiPendidikan Agama Islam .FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruan. Institut Agama Islam NegeriSalatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Hasilbelajar, PAI, MetodeTalking Stick Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiupayameningkatkanhasilbelajar PAI melaluimetodeTalking Stick padasiswaKelas X TAV SMK N 1 BancakKabupaten Semarang TahunPelajaran 2017/2018. Penelitianinimenggunakanstuditindakan (action research)padapesertadidikKelas X TAV SMK N 1 BancakKabupaten Semarang denganduasiklus. Metodepengumpulandatanyamenggunakantesdandokumentasi.Data yang terkumpuldianalisismenggunakananalisis statistic deskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodeTalking Stickpadapembelajaran PAI mempermudahbagi guru dalammencapaitujuanbelajar yang diinginkandanmengoptimalkan/ menuntaskanhasilbelajarpesertadidik.Hasilpenelitiandanpembahasandapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodetalking stickdapatmeningkatkanhasilbelajar PAI materisikapjujurpadasiswakelas X SMK N 1 BancakTahunPelajaran 2017/2018 danmempermudah guru dalammencapaitujuanbelajar yang diinginkan. Hal initerlihatdaripenigkatanhasil rata-rata setiapsiklusnya.Padaprasiklusnilai rata-rata yaitu 70,21. Nilai rata-rata tersebutmeingkatpadasiklus I yaitu 75,28danpadasiklus II nilai rata-ratanyayaitu 87,71. Apabiladilihatdariperolehannilaitertinggipadasetiapsiklusnyajugamengalamipeningkatan.Padaprasiklusnilaitertinggiyaitu 82, padasiklus I nilaitertinggimeningkatmenjadi 90 danpadasiklus II nilaitertinggiyaitumeigkatmenjadi 100.Persentaseketuntasabelajarpeseradidikjugamengalamipeningkatanyaitupadaprasiklus yang tuntashanya 28,57%, padasiklus I meningkatmenjadi 57,14% danpadasiklus II meningkatmenjadi 96,42%. Hanyaada 1 siswa yang belummencapaiketuntasan minimal dikarenakanpengaruhintelegensinya yang kurang, padahalminatdansemangatnyacukuptinggidalammengikutikegiatapembelajaran.Hasilpeelititersebut, diharapkadapatmemberipengetahuankepadasemuapihak (pesertadidik, guru dan orang tua) untukdapatmeningkatkanprestasibelajarpadamatapelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 02:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2018 02:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3634 |
Actions (login required)
View Item |