Chasanah, Umi Nur (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUASAAN MATERI BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA KOMIK ANAK PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH BEJI TULUNG KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Umi Nur Chasanah_11510091.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi penguasaan materi Bahasa Indonesia melalui media komik anak pada siswa kelas V. Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang didalamnya paling banyak membaca, sedangkan siswa yang pernah membaca cerita yang terdapat dalam pembelajarannya tidak berminat untuk membaca kembali, sehingga siswa sangat sulit menguasai materinya. Media komik anak adalah hal baru bagi siswa, menjadikan mereka tumbuh minat membaca materi kembali dengan begitu siswa mampu menguasai materi pelajaran Baha sa Indonesia. Keberhasilan upaya meningkatkan kompetensi penguasaan materi melalui media komik menjadi kajian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan langkah perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Keempat langkah tersebut dilakukan dalam pra siklus, siklus I, II, dan III pada penelitian ini secara berkesinambungan antara satu siklus dan siklus yang lain. Temuan data dan hasil analisis mengenai melalui media komik dapat meningkatkan penguasaan materi Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Beji Tulung Klaten menunjukan hasil positif. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Muhammadiyah Beji adalah 75. Rata-rata kelas untuk hasil belajar siswa adalah 69,33 atau hanya 40% siswa tuntas belajar, dan meningkat pada siklus I rata -rata kelas 62,66 atau 53% ketuntasan siswa, dan meningkat ketuntasan belajar 73% pada siklus II dengan rata-rata 78,46 dan terakhir pada siklus ke III sudah 93% siswa tuntas dengan rata-rata 86,20. Berdasarkan hasil tersebut keberhasilan dengan media komik anak diharapkan dapat memicu semangat siswa untuk membaca dan mendorong para Guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 04:21 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 04:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/364 |
Actions (login required)
View Item |