PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQH MATERI SALAT BERJAMAAH DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTs ARROSYIDIN SECANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wijayanti, Vivi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQH MATERI SALAT BERJAMAAH DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTs ARROSYIDIN SECANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi VIVI WIJAYANTI 11414014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wijayanti, Vivi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Shalat Berjamaah dengan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VII Semester 1 MTs Arrosyidin Secang Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: fiqih, metode snowball throwing, shalat berjamaah Pendidikan merupakan salah satu bentuk usaha manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, melalui formal maupun tidak formal. Pendidikan dapat diterapkan dalam bentuk interaksi antara pendidik dengan peserta didik sebagai upaya untuk menguasai tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus. Subyek penelitian adalah Kelas VII B Semester 1 MTs Arrosyidin Secang dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Snowball Throwing. Pencapaian tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata yang didapatkan siswa; Pra Siklus 31,25% dengan jumlah ketuntasan 10 siswa, Siklus I 72,81 dengan jumlah ketuntasan 18 siswa, Siklus II 77,66 dengan ketuntasan 27 siswa, dan Siklus III 81,09 dengan jumlah ketuntasan 32 siswa. Dengan demikian persentase ketuntasan Pra Siklus 31,25%, Siklus I 56,25%, Siklus II 84,38, dan Siklus III 100%. Berdasarkan analisa diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Snowball Throwing efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan metode tersebut sudah baik, sehingga berdampak positif dalam peningkatan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Fiqih materi shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:58
Last Modified: 25 Apr 2018 02:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3641

Actions (login required)

View Item View Item