HASTUTIK, PUJI NUR (2018) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIANORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATAPELAJARAN AKIDAH AKHLAQ PADA SISWA KELAS VIII MTs AL USWAH BERGAS KAB. SEMARANG TAHUN 2017-2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI PUJI NUR HASTUTIK.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hastutik, PujiNur. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan PerhatianOrang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran AqidahAkhlaqpada SiswaKelas VIII MTs Al UswahBergaskabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015-2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Bapak Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan orang tua, Prestasi belajar siswa Pendidikan dan perhatian orang tua berpengaruh besar terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak pada siswa MTs Al-Uswah Bergas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua, perhatian orang tua terhadap prestasi belajar dan pengaruh tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Subyek penelitian sebanyak 64 siswa dari 144 siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015-2016 atau 25% dari keseluruhan populasi. Adapun dalam pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic dengan menggunakan rumusan alisis regresi satu prediktor.Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua berbeda.Untuk tingkat pendidikan orang tua di ketahui bahwa siswa yang memiliki kategori pendidikan orang tua siswa dengan kategori tinggi 29 siswa (45%) kategori sedang 26 siswa (41%) kategori rendah 8 orang (13%) ini berarti tingkat pendidikan orang tua di MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang adalah tinggi. Dengan demikian dapat dibuktikan dari kategori kecenderungan prestasi belajar menunjukkan kategori tuntas sebanyak 40 siswa (62%) belum tuntas 24 siswa (38%). Berdasarkan perhitungan determinasi (R2) sebesar 0,267menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua dan perhatian berpengaruh sebesar 26% terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang tahun 2015/2016.Berdasarkan hasil analisis regresi ganda dapat di ketahui tingkat pendidikan orang tua memberikan relative sebesar 0,27% dan prestasi belajar siswa 99,73% sedangkan sumbangan variabel tingkat pendidikan orang tua sebesar 0,07% dan variabel prestasi belajar siswa sebesar 26,63%. Sumbangan efektif total sebesar 26,7% yang berarti variabel tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa secara bersama – sama memberikan efektif 26,7% sedangkan yang 73,3% di berikan oleh variabel yang lain. Berdasarkan penelitian di atas, dapat di simpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan dan perhatian orang tua akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 04:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2018 04:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3673 |
Actions (login required)
View Item |