Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2018)

Mukminin, Ikhwanul (2018) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ikhwan pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

MukmininIkhwanul. 2018.KompetensiProfesional Guru Pendidikan Agama Islam Studi Kasus Di SMP Negeri 2 SuruhKabupaten Semarang Tahun 2018.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Imam Mas Arum, M.Pd. Kata kunci: Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Pokok permasalahan dalam dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah kompetensiprofesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2018? 2) Bagaimana upaya dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2018? 3) Faktor-faktor apa yang menghambat dalam kompetensiprofesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2018? MengingatkajiannyamerupakanpenelitiankualitatifmakapenelitiakanMengobservasidan Menginterviewdi smpnegeri 2 suruhkabupatensemarang. Data yang terkumpul darihasilwawancaraakandipelajari dan dideskripsikan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa1) Para guru PAI di SMP Negeri 2 Suruh sudah memiliki kompetensi, kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. 2) Dalam upaya terlihat bahwa mereka sudah siap dalam perencanaan pembelajaran, mampu menganalisis karakter siswa dengan program remidial dan pengayaan, berkepribadian yang menjadi suri tauladan siswa, mampu bersosialisasi dengan semua kalangan, baik sesama guru, siswa, wali murid, dan masyarakat lingkungan, menguasai materi, berpengetahuan luas, adil, berpendidikan tinggi serta mengajar sesuai bidang studi dan masih banyak lagi kompetensi-kompetensi yang lain yang implementasinya sebagai guru Pendidikan Agama Islam. Faktor pendukung misalnya dari dalam diri mereka sendiri,siswa dan pendidik lainya juga sebagai faktor pendukung dalam menentukan kebijakan perencanaan pembelajaran. 3) Faktor yang menghambat , seperti halnya sebagai pegawai tidak tetap dengan gaji yang sedikit membuat semangat berkurang, Namun hal itu dapat mereka atasi. Masih banyak wali murid/orang tua murid tidak begitu memperhatikan anaknya dalam membimbing atau mmenerapkan nilai-nilai agama bahkan ada wali murid yang belum memahami agama sehingga anak menirukan kebiasaan dari orang tua tersebut, adapun faktor lain yang menghambat dalam kompetensi profesional guru PAI yaitu belum adanya media atau sarana prasarana yang memadai seperti LAB PAI, juga mushola yang terlalu kecil sehingga dalam pelaksanaan sholat berjamaah dilakukan secara bergantian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:31
Last Modified: 25 Apr 2018 04:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item