PENINGKATAN HASIL BELAJARMATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI AKU RINDU PADAMU YA ROSUL DENGAN MENGGUNAKANMETODEQUESTION STUDENT HAVEPADA SISWA KELAS V MI MIFTAHULHUDATRUKOKEC.BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hartani, Umi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJARMATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI AKU RINDU PADAMU YA ROSUL DENGAN MENGGUNAKANMETODEQUESTION STUDENT HAVEPADA SISWA KELAS V MI MIFTAHULHUDATRUKOKEC.BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hartani, UMI. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan isalam Materi ‘AkuRinduPadamuYarosulMetode Question student HavePada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAIN Salatiga Dosen Pembimbing (1) Dr.Fatchurrohman ,S.Ag ,M.Pd . Kata Kunci :Metode Question Student Have, Hasil Belajar, dan SejarahKebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan metode Question Studen Have Dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas V MI MiftahulHudaTruko Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 1 pra-siklus, dan 3 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (acting), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Statistik Diskriptif. .Hal in dapat di buktikandarihasilprasiklussebelumpenerapanmetodeQuestion Studen Havehanyaada 4 siswa yang mencapaiKKM,meningkatpadasiklus I yang menunjukkanada 7 siswa yang mencapai KKM 43,73% dengannilai rata-rata 65,94,sedangkan padasiklus II meningkatmenjadi 10 siswa yang mencapai KKM 62,5% dengannilai rata-rata 66,87,dan padasiklus III meningkatmenjadi 15 siswa yang memenuhi KKM 93,75% denganniali rata-rata 73,44.Dengan demikianhasilbelajar yang di perolehsiswadarisiklus I kesiklusII mengalamipeningkatan 18% dandarisiklus II kesiklus III mengalamipeningkatan 31%.Maka PTK in di nyatakanberhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:45
Last Modified: 25 Apr 2018 04:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item