IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MEMPELAJARI KITAB SAFINATUN NAJAH DI PONDOK PESANTREN ZUMROTUT THOLIBIN MOJO ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2015

Farhati, Nur Laeli (2015) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MEMPELAJARI KITAB SAFINATUN NAJAH DI PONDOK PESANTREN ZUMROTUT THOLIBIN MOJO ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nur Laeli Farhati_11111195.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi metode sorogan dalam memahami Kitab Safinatun Najah di Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode sorogan di Pondok Pesantren tersebut. Pertanyaan utama yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah, (1) Bagaimana Implementasi metode sorogan dalam mempelajari Kitab Safinatun Najah di Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin Mojo Andong Kabupaten Boyolali? (2) Apa kelebihan dan kekurangan dari implementasi metode sorogan Kitab Safinatun Najah di Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin Andong Kabupaten Boyolali?. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pendekatan yang digunakan penulis adalah kualitatif diskriptif. Dalam penelitian ini penulis melalukan perencanaan, pelaksanan, pengumpulan data, analisis, penafsiran data dan pada akhirnya penulis melaporkan hasil penelitiannya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Implementasi metode sorogan dalam mempelajari Kitab Safinatun Najah di Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin berjalan dengan baik sesuai dengan teknis pembelajaran. Metode ini sudah diterapkan sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin hingga sekarang karena metode ini dianggap sangat efektif untuk mengetahui kemampuan masing-masing santri. 2) Adapun kelebihan dari metode sorogan meliputi: (a) guru dan santri memiliki hubungan yang dekat, (b) kemampuan santri yang berbeda-beda dapat diketahui langsung oleh guru, (c) dapat mengetahui kaidah-kaidah bahasa Arab, (d) menambah kosakata bahasa Arab, (e) menambah wawasan ilmu pengetahuan. Dan kekurangan dari metode sorogan tersebut meliputi: (a) kurang efisien karena santri terlalu banyak, (b) santri membutuhkan persiapan, (c) santri cepat bosan karena membutuhkan kesabaran, kerajinan dan kedisiplinan.(d) membutuhkan waktu yang lama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 05:16
Last Modified: 30 Jan 2017 05:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item