Utami, Tri (2015) DESKRIPSI PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN PENDIDIKAN SOSIAL DI PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Tri Utami_11110119.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan berlangsung melalui beberapa proses dan tahapan. Salah satu proses yang sangat berpengaruh adalah pendidikan di lingkungan keluarga. Tetapi sampai saat ini masih banyak anak-anak yang kehilangan perhatian dan kasih sayang dari keluarga yang mengalami berbagai masalah sehingga keluarga gagal memenuhi fungsi dan perannya secara memadai. Sebagai wujud konkrit usaha dan kepedulian pemerintah dalam menanggulangi masalah ini adalah berupa didirikannya lembaga sosial kesejahteraan anak yaitu Panti Asuhan. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pendidikan keagamaan anak-anak asuh di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang? (2) Apa upaya Panti Asuhan dalam membina pendidikan keagamaan anak-anak asuhnya? (3) Bagaimana pendidikan sosial anak-anak asuh di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang? (4) Apa upaya Panti Asuhan dalam membina pendidikan sosial anak-anak asuhnya? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu display data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendidikan keagamaan di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang tergolong baik, terbukti dari pemahaman anak asuh tentang keagamaan dan juga pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. (2) Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang telah dilaksanakan pembinaan Keagamaan, diantaranya yaitu: memberikan materi-materi keagamaan seperti fiqih, akidah akhlak, dan Al-Qur‟an. (3) Pendidikan Sosial di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang tergolong baik, yaitu dapat dilihat dari kerukunan, saling membantu, interaksi yang baik, dan perilaku di lingkungan Panti Asuhan. (4) Sedangkan pembinaan dalam Pendidikan Sosial antara lain: memberikan bimbingan konseling, pengajaran bahasa jawa (kromo inggil), belajar bersama, membentuk jadwal piket dan memasak, pembagian kamar, pengawasan di luar Panti, serta mengajak anak-anak untuk mengikuti setiap kegiatan yang ada di lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 05:19 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 05:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/381 |
Actions (login required)
View Item |