PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LETAK BILANGAN PADA GARIS BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN CATURANOM KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Widiastuti, Santhy (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LETAK BILANGAN PADA GARIS BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN CATURANOM KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Santhy Widiastuti_11510045.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berhitung dalam mata pelajaran Matematika materi letak bilangan pada garis bilangan siswa kelas III SDN Caturanom.Masalah utama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah media permainan ular tangga dapat meningkatakan hasil belajar mata mata pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun 2014? Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki- lakidan7siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada semester satu pada tahun 2013/2014. Penelitian ini menggunakan media permainan ular tangga. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas III SDN Caturanom. Jenis penelitian yang digunakan penelitian adalah PenelitianTindakanKelas (PTK). Data dalam penelitian ini diambil dengan pedoman atau lembar pengamatan, soal tes/ evaluasi soal, pedoman dokumentasi dan pedoman wawancara pada pembelajaran matematika menggunakan media permainan ular tangga. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan diperoleh bahwa dengan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar kelas III SDN Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Hasil tes siswa pada siklus I sebesar 39,13%, siklus II 65,22% dan siklus III sebesar 86,96%. Yang dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dari sesudah penerapan media permainan ular tangga yaitu siklus I sebanyak 10 siswa, siklus II sebesar 15 siswa dan siklus III sebesar 20siswa yang memenuhi KKM dengan nilai (60).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:49
Last Modified: 18 Feb 2016 06:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item