Samsul, Munim (2018) PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi samsul word.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak :Mun’im, Samsul, 2018, Prinsip Pendidikan IslamPerspektif Hasan Langgulung. Skripsi. FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam.Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. M. Ghufron, M.Ag. Kata kunci: Prinsip, Pendidikan, Islam Pendidikan merupakan modal dasar atau titik sentral yang menjadi subyek pembangunan, karena pembangunan terutama ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya, terlebih lagi era sekarang ini sebagai era yang penuh dengan persaingan. Upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui berbagai jalur diantaranya pendidikan. Penelitian ini merupakanprinsippendidikan Islam dalamupayarelevansipendidikan Islam sekarang. Pertanyaan utama dalam penelitian adalah (1) Bagaimanakahprinsip pendidikan IslamperspektifHasan Langgulung?, (2) Bagaimanakah relevansi pemikiranpendidikan IslamHasanLanggulungdengankontekspendidikan Islam sekarang?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitiankepustakaandanpengumpulan data dilakukandenganbuku-bukukaryaHasanLanggulungdan yang mendekatinya yang kemudiaan di caripemikirantentangprinsippendidikan Islam. Hasil penelitian inibahwaprinsip pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah meningkatkan sumber daya manusia yang dimilikinya dengan potensi jasmani dan rohani yang ada pada manusia. Bahwa agama menjadi landasan pendidikan Islam agar terbentuknya insan saleh dan masyarakat saleh.Pendidikan Islam diera sekarang harus meningkatkan prinsip pendidikan Islam dengan manajemen pendidikan Islamkhususnyakurikulumpendidikan.Prinsip pendidikan Islam mempunyai masalah yang tidak mungkin diselesaikanoleh sekelompok masyarakat. Problem utamanyaadalah kualitas pendidikan rendah, sehingga menghasilkan pendidikankualitas sumber daya manusia yang rendah. Rendahnya kualitas sumber daya manusia mengimbas padarendahnya karakter bangsa. Oleh karena itu, masalah pendidikan agamaIslam menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa, tidakmemandang suku, ras dan agama. Untukmengatasi perkembangan zaman pendidikan agama Islam ditekankanpada tiga fungsi utamanya yaitu fungsi akademik, psikologis, danfungsi sosial sekaligus secara imbang dan padu. Manusia yang dapat mengembangkan prinsip pendidikan Islam dapat meningkatkan sumber daya manusia yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 03:06 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 03:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3855 |
Actions (login required)
View Item |