PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQH MATERI PERNIKAHAN MENURUT ISLAM DENGAN METODE FIRING LINE PADA SISWA KELAS XI IPS MA MIFTAHUSSALAM BANYUMAS TAHUN AJARAN 2018

Rokhanah, Rokhanah (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQH MATERI PERNIKAHAN MENURUT ISLAM DENGAN METODE FIRING LINE PADA SISWA KELAS XI IPS MA MIFTAHUSSALAM BANYUMAS TAHUN AJARAN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak :Rokhanah (2018): Peningkatan Prestasi Belajar Fiqh Materi Pernikahan Menurut Islam dengan Metode Firing line pada Siswa kelas XI IPS MA PPPI Miftahussalam Banymas Tahun Ajaran 2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Pembimbing : Drs. Abdul Syukur M.Si. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pernikahan, Metode Firing Line Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pretasi belajar melalui metode Firing line pada Siswa kelas XI IPS MA PPPI Miftahussalam Banymas Tahun Ajaran 2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 21 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari pra siklus sampai siklus ke II dan apabila 85% dari jumlah seluruh siswa dapat mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 76. Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode firing line dapat diuraikan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dari pelaksanaan pra siklus, siklus I ke siklus II telah tercapai. Ketercapaian indikator keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM telah mencapai 90%. Keberhasilan dibuktikan pada prasiklus ada 6 peserta didik atau 28% yang tuntas sedangkan ada15 peserta didik atau 72% yang tidak tuntas, kemudian pada pelaksanaan siklus I ada 10 peserta didik atau 47 % yang tuntas, sedangkan ada 11 peserta didik atau 53% yang tidak tuntas, sedangkan dalam pelaksanaan siklus II ada 19 peserta didik atau 90% yang tuntas dan ada 2 peserta didik atau 10% yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 03:08
Last Modified: 28 Apr 2018 03:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item