Maidianto, Bani (2018) Konsep Pendidikan Islam Pendekatan MultidisiplinerAbuddin Nata. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI PDF.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak :Maidianto, Bani. 2018.Konsep Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multidisipliner Abuddin Nata. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum,M.Pd. Kata kunci:Konsep Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multidisipliner Abuddin Nata Tujuan dari Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui bagaimana konsep ilmu pendidikan Islam dan bagaimana relevansi pendidikan Islam pendekatan multidisipliner AbuddinNata dengan ilmu pendidikan Islam kekinian. Jenis Penelitianinimerupakanjenis penelitiankepustakaan (Library Research). danuntukpengumpulan data dilakukandengancaramenelaahsumber primer yakni buku. Sumber data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan yakni pengumpulan data-data dengan cara mempelajari, mengutip teori-teori dan konsep-konsep dari sejumlah literatur, baik buku, artikel ataupun karya tulis lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam dengan pendekatan multidisipliner Abuddin Nata meliputi: Ilmu pendidikan pendekatan sejarah, adalah ilmu yang membahas peristiwa di masa lalu yang terdapat dalam peristiwa tersebut; Ilmu pendidikan Islam pendekatan filsafat, suatu bidang ilmu terapan, tempat bertemunya hasil-hasil berbagai asas dan ilmu pengetahuan; Ilmu pendidikan pendekatan psikologi ialah sebagai usaha memanfaatkan jasa psikologi Islam pada khususnya dan psikologi umum pada umumnya untuk perumusan konsep dan praktik pendidikan; Ilmu pendidikan Islam pendekatan sosiologis dapat diartikan sebagai sebuah studi yang memanfaatkan sosiologis untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi; Ilmu pendidikan Islam pendekatan manajemen ialah sebuah konsep yang mencoba menerapkan fungsi-fungsi manajemen; Ilmu pendidikan Islam pendekatan Information Technology (IT) Sains dan teknologi yang saat ini amat besar pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, terutama pendidikan, adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ilmu pendidikan Islam pendekatan kebudayaan ialah keseluruhan kompleks yang mencakup ilmu pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat-istiadat dan berbagai kemampuan serta kebiasaan yang diterima oleh anggota masyarakat; Ilmu pendidikan Islam pendekatan hukumsebagai sebuah konsep pendidikan dengan menggunakan fikih sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan berbagai aspek dan komponennya; Ilmu pendidikan Islam pendekatan penelitian kualitatif ialah yang didalamnya mencakup karakteristiknya, setelah itu dilanjutkan dengan syarat-syarat dan ketentuan yang harus dilakukan pada penelitian kualitatif tersebut; Ilmu pendidikan Islam pendekatan penelitian kuantitatifdapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 03:21 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 03:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3860 |
Actions (login required)
View Item |