PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA KARTU PINUS SISWA KELAS III MI NOBOREJO SALATIGA TAHUN AJARAN 2016/2017

Susanto, Heri (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA KARTU PINUS SISWA KELAS III MI NOBOREJO SALATIGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI..pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Susanto, Heri. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Alat Peraga Kartu Pinus Siswa Kelas III MI Noborejo Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Program Strata I Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Salatiga 2018. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan, Kartu Pinus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Alat Peraga Kartu Pinus. Yang pada penelitain ini dikhususkan pada Siswa Kelas III MI Noborejo Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitataif kuantitatif. Peneliti menggunakan penafsiran deskripsi tabel sebagai teknik analisis data. Sedangkan teknikpengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi langsung melalui pengajaran langsung, SPSS, buku dan internet. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin menjadi acuan pokok atau dasar dari adanya berbagai model penelitian tindakan yang lain, khususnya PTK. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil belajar siklus I cukup mencapai indikator penelitian dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 62,50% dengan kategori cukup tercapai rata-rata perolehan nilai 61,46 yaitu dari 24 peserta didik ada 15 peserta didik yang mencapai nilai KKM dan hanya 9 yang belum mencapai nilai KKM. Peningkatan ini dikategorikan cukup tercapai, akan tetapi belum dapat dikatakan tuntas secara keseluruhan dan diperlukan suatu upaya kearah peningkatan hasil belajar tuntas secara keseluruhan siklus II. Hasil belajar siklus II hasil post test menunjukkan bahwa dari 21 peserta didik telah mencapai nilai KKM dan tuntas secara keseluruhan ketuntasan klasikalnya lebih meningkat hingga 87,50% dengan kategori sangat tercapai, yaitu rata-rata perolehan nilai adalah 76,04 yang artinya sudah sangat mencapai indikator ketetapan yaitu 85% dan memenuhi KKM yang diinginkan yaitu 60.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 03:26
Last Modified: 28 Apr 2018 03:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item