PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI NUN SUKUN/TANWIN DAN MIM SUKUN MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA TeTeS TeLOr PADA SISWA KELAS VII D SMP N. 6 SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Alfiana, Sarah Faradilla (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI NUN SUKUN/TANWIN DAN MIM SUKUN MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA TeTeS TeLOr PADA SISWA KELAS VII D SMP N. 6 SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SARAH FARADILLA ALFIANA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Alfiana, Sarah Faradilla (11114198). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI materi Nun Sukun/Tanwin dan Mim Sukun melalui Pemanfaatan Alat Peraga TeTeS TeLOr Pada Siswa Kelas VII D SMP N 6 SALATIGA Semester II Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Winarno, S. Si., M. Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Pemanfaatan Alat Peraga TeTeS TeLOr Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi nun sukun/tanwin dan mim sukun pada siswa SMP N 6 Salatiga pada umumnya dan khususnya bagi siswa kelas VII D SMP N 6 Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2017-2018 serta meminimalkan jumlah siswa yang belum memahami materi nun sukun/tanwin dan yang belum dapat mencapai batas tuntas dalam pencapaian nilai hasil belajar. Adapun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan selama 3 bulan yakni dari bulan Desember 2017 sampai dengan Maret 2018 baik dari penyusunan proposal, penyusunan instrumen, pengumpulan data, melaksanakan tindakan kelas, pengolahan dan analisis nilai, sampai penyusunan laporan. Yakni subjek penelitian ini siswa kelas VII D SMP N 6 Salatiga pada semester 2 tahun 2017-2018 yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah pada awalnya mengadakan pengambilan data pada daftar nilai semester yang lalu, kemudian melaksanakan 2 kali siklus, adapun masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, kemudian masing-masing siklus setelah diadakan pembahasan dan pelaksanaannya selama proses pembelajaran, kemudian diakhiri dengan tes tertulis, kemudian nilai hasil belajar tersebut dianalisa dan direfleksi untuk mengetahui keberhasilan tujuan penelitian sesuai yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar PAI materi nun sukun/tanwin dan mim sukun yang selalu mengalami kenaikan baik pada siklus pertama maupun siklus kedua jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kondisi awal yaitu dengan rata-rata 42.42 dan presentasi ketuntasan kondisi awal 28.5%, sedang setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama mencapai nilai hasil belajar rata-rata 51.18, dari 28 siswa yang memenuhi KKM hanya 4 siswa dan presentasi ketuntasan siklus pertama 14.2%. Ini mengalami kenaikan sebesar 8.76 poin atau 3.71%, sedangkan tindakan pada siklus kedua mencapai nilai hasil belajar rata-rata 76.42 dan presentasi ketuntasannya 78.5%, dari 28 siswa yang memenuhi KKM sebanyak 22 siswa. Jika dibandingkan dengan nilai hasil belajar pada siklus pertama mengalami kenaikan sebesar 25.24 poin atau 12.91%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 03:43
Last Modified: 28 Apr 2018 03:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item