PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING PADA SISWA KELAS V MIN KECANDRAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Khikmah, Nurul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING PADA SISWA KELAS V MIN KECANDRAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nurul Khikmah_11511064.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Kecandran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan strategi Concept Mapping. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan strategi Concept Mapping dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil hasil belajar siswa kelas V MIN Kecandran Tahun Pelajaran 2015/2016?. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Alat Pencernaan pada Manusia. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MIN Kecandran, Salatiga yang berjumlah 18 siswa, yang terdiri dari 7 siwa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan strategi Concept Mapping pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Concept Mapping dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yai tu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 55, 55% dengan nilai rata -rata 67, 77. Pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa yang tuntas atau 94, 44% dan 1 siswa yang tidak tuntas. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II memberi bukti bahwa penggunaan strategi Concept Mapping pada mata pelajaran IPA materi Alat Pencernaan Manusia di kelas V MIN Kecandran mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:53
Last Modified: 18 Feb 2016 06:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item