Choirutunisa, Umi (2015) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS IX MTs MA’ARIF ARROSYIDIN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Umi Choirutunisak_11110168.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adakah hubungan kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas ix di mts ma’arif arrosyidin magelang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode angket. Subyek penelitian sebanyak 23 responden, menggunakan teknik populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan angket untuk menjaring data kompetensi pedagogik guru prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini pendekatan yang diterapkan oleh peneliti adalah pendekatan korelasional kuantitatif. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik (pendahuluan dan lanjut). Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru tahun pelajaran 2014/2015 berada pada kategori tinggi didukung dengan 15 responden dengan presentase 65,22%, pada kategori sedang pada kategori sedang didukung 6 responden dengan presentase 26,09%, pada kategori rendah 2 responden 8,7%,. Sedangkan pada variabel Y prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas IX Mts Ma’arif Arrosyidin Magelang pada kategori tinggi didukung 4 responden dengan persentase 17,39%, pada kategori sedang didukung 8 responden dengan persentase 34,78%, dan pada kategori rendah didukung 11 responden dengan persentase 47,83%. Uji hipotesis menunjukkan adanya korelasi antara hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas IX MTs Ma’arif Arrosyidin Magelang tahun pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (r hitung ) sebesar 1,58 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 1% (0,526) dan taraf signifikan 5% (0,413). Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan (korelasi) positif yang signifikan antara hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas IX MTs Ma’arif Arrosyidin Magelang tahun pelajaran 2014/2015 .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 06:57 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 06:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/388 |
Actions (login required)
View Item |