IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING ” STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)” UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hadist, Yufika Fitria (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING ” STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)” UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Pdf skripsi Fika.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hadist, Fitria Yufika. 2018. Implementasi Strategi Cooperative Learning“Student Team Achievement Division (STAD)” untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Sa’adi, M. Ag. Kata Kunci : Kooperatif Learning, Student Team Achievement Division (STAD), Mutu Pembelajaran PAI. Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu apakah metode STAD mampu meningkatkan partisipasi, motivasi dan prestasi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Salatiga tahun pelajaran 2016/2017.Oleh karena itu, tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran STAD dapat meningkatkan partisipasi, motivasi dan prestasi siswa di SMP Negeri 3 Salatiga.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII E yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI.Pada siklus I partisipasi siswa sebesar 30,5 %, siswa masih bingung dan belum siap dengan metode yang diterapkan. Untuk siklus ke II peserta didik sudah mulai menunjukkan rasa partisipasi yaitu 72%, mereka aktif dalam bertanya, aktif berdiskusi, dan mampu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Pada siklus ke tiga, partisipasi siswa sangat meningkat 97,2%, siswa lebih siap dalam mengikuti setiap pembelajaran PAI. Metode STAD juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.Pada siklus I, motivasi siswa masih rendah hanya 35%.Hal ini di karenakan pemilihan teman kelompok yang secara acak tidak sesuai dengan harapan masing-masing murid, sehingga hasil belajar mereka rendah. Siklus ke II, motivasi siswa mulai terlihat sebesar 70%, mereka mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat, sehingga hasil belajarnya meningkat dibanding siklus I. Untuk siklus ke III, motivasi belajar murid meningkat menjadi 95%, ditunjukkan dengan hasil belajar yang meningkat cukup signifikan. Berdasarkan data presentase yang diperoleh, pada Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa hanya 69, 23%, yaitu 18 anak yang memperoleh nilai tuntas.Kemudian pada siklus II data hasil ketuntasan belajar siswa yaitu 21 anak dalam prosentase 80, 76% terjadi peningkatan sebesar 11,53%.Sedangkan di siklus III terjadi peningkatan yang cukup memuaskan dibandingkan dengan siklus-siklus sebelumnya yaitu ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 92, 30% sebanyak 24 anak memperoleh nilai tuntas.Jadi metode pembelajaran kooperatif STADdapat meningkatkan partisipasi, motivasi dan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Salatiga dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 05:04
Last Modified: 28 Apr 2018 05:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3887

Actions (login required)

View Item View Item