Islamiyah, Islamiyah (2018) : Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Salat Zuhur Berjamaah Siswa Kelas VII SMP N 2 Kec. Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI,.OK...pdf Download (6MB) |
Abstract
Islamiyah. 2018. Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Salat Zuhur Berjamaah Siswa Kelas VII SMP N 2 Kec. Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. H. Rahmat Hariyadi. M.Pd. Kata Kunci: nilai kedisiplinan dan salat berjamaah. Penelitian ini membahas tentang Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Salat Zuhur Berjamaah Siswa Kelas VII SMP N 2 Kec. Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembiasaan shalat dhuhur berjamaah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kec. Suruh Kab. Semarang, nilai-nilai kedisiplinan apa sajakah yang ditanamkan melalui pembiasaan shalat berjamaah. Pendekatan dari penelitian ini bersifat kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research ) yang mana penelitian ini metode yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai pengumpul data dari hasil pengamatan. Data yang terbentuk kata-kata diambil dari para responden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data tersebut berupa keterangan para key informen, sedangkan data tambahan berupa catatan lapangan. Keseluruhan data tersebut selain diperoleh melalui wawancara, juga didapatkan dari observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Dari penelitian yang dilaksanakan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: proses pembiasaan salat zuhur berjamaah melalui cara mewajibkan anak mengikuti salat berjamaah dengan diawasi guru, apabila guru melihat siswa yang tidak mengikuti shalat zuhur berjamaah, siswa dikejar-kejar untuk melaksanakan salat, tidak ada absensi bagi siswa, bagi siswa yang tidak mengikuti salat zuhur berjamaah tidak ada sangsi atau hukuman dari pihak sekolah. Nilai kedisiplinan yang ditanamkan melalui pembiasaan salat zuhur berjamaah adalah disiplin taat waktu, kebersaman atau solidaritas, taat kepada aturan, taat kepada pemimpin, pembiasaan dan pada rasa tanggungjawab sebagai seorang muslim kepada Tuhan dan jamaah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 05:19 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 05:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3891 |
Actions (login required)
View Item |