PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SALAT SUNNAH DENGAN METODE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION ) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rifanto, Denny Arizal (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SALAT SUNNAH DENGAN METODE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION ) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DENNY ARIZAL R 111-13-091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Denny Arizal Rifanto. 2018.Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Salat Sunnah Dengan Metode STAD (Student Team Achievement Devision) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Prof. Dr. Mansur. M.Ag. Kata Kunci: hasil belajar, metode STAD. Dalam suatu pembelajaran, kegiatan belajar mengajar tidak cukup hanya bertujuan menstranfer ilmu atau berceramah saja sebagai model dalam mengajar, seorang guru harus mempunyai skill dan model-model pembelajaran yang menyenangkan supaya bisa membuat peserta didik tidak bosan supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan efektiv dan efisien. Hal ini berkaitan dengan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions)dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Tuntang tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui siklus I dan siklus II.Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yakni siswa-siswi kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Tuntang Tahun pelajaran 2017/2018 Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi salat sunnah pada siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2017/2018, dibuktikan dengan prosentase peningkatan pada prasiklus sebanyak 10 siswa atau sebesar 34%, siklus I sebanyak 13 siswa atau sebesar 44%, dan siklus II sebanyak 26 siswa atau sebesar 86%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PAI sebanyak 16 siswa atau sebesar 54%; dan penggunaan metode STAD dapat memenuhi target pencapaian KKM mata pelajaran PAI materi salat sunnah dari rata-rata pra siklus 66.4, siklus I sebesar 68.3, dan siklus II sebesar 79, serta dapat melampaui KKM sebesar 75. Pengarang : a. Nama : b. E-mail :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 06:36
Last Modified: 28 Apr 2018 06:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item