PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI SEMANGAT MENUNTUT ILMU MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurhidayah, Puji (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI SEMANGAT MENUNTUT ILMU MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nurhidayah, Puji. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Semangat Menuntut Ilmu Menggunakan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas VII Semester I SMP N 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan PAI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar pendidikan agama islamdan metode inquiry. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi semangat menuntut ilmu dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Peneltian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna mencari pemecahan masalah yang ditemui dalam kelas, dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini akan dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga dengan jumlah siswa 27 anak. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa, tes tertulis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam belajar PAI materi semangat menuntut ilmu dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada tiga tingkatan yaitu pra siklus, siklus I, siklus II yang menghasilkan nilai post test mengalami peningkatan. siswa dikatakan tuntas apabila mendapat nilai ≥75, pada siklus I dapat disimpulkan bahwa ssiwa yang mendapat nilai tuntas dengan KKM 75 dan sebanyak 6 siswa atau 22% dan yang belum tuntas sebanyak 21 siswa atau 78% dengan nilai rata-rata 60,22. Sedangkan mengalami peningkatan pada siklus pertama nilai tuntas untuk KKM 75 sebanyak 13 siswa atau 48% dan yang belum tuntas 14 atau 52% dengan rata-rata 74,23. Tetapi belum mencapai hasil yang memuaskan, karena indikator keberhasilan apabila jumlah siswa yang KKM mencapai 85% dari keseluruhan jumlah siswa dikelas. Kemudian dilakukan siklus kedua, pada siklus kedua siswa yang sudah tuntas sebanyak 25 siswa atau 93% kemudian siswa yang belum tuntas ada 2 siswa atau 7% dengan nilai rata-rata 88,59.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 06:41
Last Modified: 28 Apr 2018 06:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item