KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI BERSERTIFIKAT PENDIDIK (Studi Kasus di MTs Terpadu Al- Mustaqim Timpik Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2018)

Usman, Muhamad Arif (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI BERSERTIFIKAT PENDIDIK (Studi Kasus di MTs Terpadu Al- Mustaqim Timpik Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

M. Arif Usman. 2018.Kompetensi Profesional Guru PAI Bersertifikat Pendidik (Studi Kasusdi MTs Terpadu Al- MustaqimTimpikKecamatanSusukanKabupaten Semarang Tahun 2018). Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembibing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana kompetensi profesional guru PAI bersertifikat pendidik itu. (2) kendala- kendala apa yang dihadapi guru PAI dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI bersertifikat pendidik studi kasus di MTs Terpadu Al-Mustaqim Timpik. Untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Bersertifikat Pendidik studi kasus di MTs Terpadu Al- Mustaqim Timpik Tahun 2018. Adapun tujuan dari penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam Bersertifikat Pendidik dan kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI bersertifikat pendidik studi kasus di MTs Terpadu Al- Mustaqim Timpik Tahun 2018. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti yaitu kompetensi profesional guru PAI bersertifikat pendidik dan kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengembangkan kompetensi profesional guru. Untuk mengumpulkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa instrumen penelitian antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelahpenelitianinidilakukan, penulismemperolehhasilpenelitianbahwa (1) kompetensi profesional guru PAI bersertifikatpendidiksudahadapeningkatan. Peningkatan kompetensi profesional diantaranya guru mampu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, mampu menggunakaan media pembelajaran (2) Kendala yang dihadapi oleh guru PAI untuk mengembangkan kompetensi profesional guru bersertifikat pendidik adalah kurangnya sarana dan prasarana kurang memadai. Walaupun masih terdapat kekurangan seperti kurangnya sarana dan prasarana dalam mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Maka saran untuk meningkatkan kompetensi guru ialah dengan perbanyak program pelatihan, seminar, diklat, dan workshop tentang peningkatan kompetensi guru, serta harus membuat pembelajaran lebih kreatif dengan mengembangkan dan menguasai materi, strategi dan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 06:49
Last Modified: 28 Apr 2018 06:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item