PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriPecahanSederhanadengan Model Student Team Achievement Division (STAD) MenggunakanAlatPeraga Blok PecahanPadaSiswaKelas III MI Ma’arifDukuhKecamatanSidomukti Kota SalatigaTahunPelajaran 2017/2018.

Amaliyah, Iko Rizki (2018) PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriPecahanSederhanadengan Model Student Team Achievement Division (STAD) MenggunakanAlatPeraga Blok PecahanPadaSiswaKelas III MI Ma’arifDukuhKecamatanSidomukti Kota SalatigaTahunPelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Amaliyah, Iko Rizki. 2018. PeningkatanHasilBelajar MatematikaMateriLuasPecahan Sederhanadengan Model Student Team Achievement Division (STAD)MenggunakanAlatPeraga Blok PecahanPadaSiswaKelas III MI Ma’arifDukuhKecamatanSidomukti Kota SalatigaTahunPelajaran 2017/2018.Skripsi, Salatiga: JurusanPendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahFakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanInstitut Agama Islam NegeriSalatiga. PembimbingJakaSiswanta, M.Pd. Kata Kunci: HasilBelajar, Model Student Team Achievement Division (STAD), AlatPeraga Blok Pecahan Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenerapan model student team achievement division (STAD) menggunakanalatperagablokpecahandapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamateripecahansederhanapadasiswakelas III MI Ma’arifDukuhKecamatanSidomuktiKotaSalatigaTahunPelajaran 2017/2018. Subyekdalampenelitianiniadalah guru kelas III MI Ma’arifDukuhdansiswakelas III MI Ma’arifDukuh yang terdiridari27siswayaitu9siswaperempuandan18siswalaki-laki. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus yang setiapsiklusnyamerupakanrangkaiankegiatan yang masing-masingterdiridari 4 tahapanyaituperencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) danrefleksi (reflecting). PenelitianTindakanKelas (PTK) inimenggunakanmetodepengumpulan data yaitutestertulis (isiansingkat), lembarobservasi guru dansiswa, sertadokumentasi.Analisis data yang dilakukandengancaramembandingkannilaihasilbelajartiapsiklus yang berpatokanpada KKM MI Ma’arifDukuhyakni 65 denganKetuntasanKlasikalyakni 85%. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model student team achievement division (STAD) menggunakanalatperagablokpecahandapatmeningkatkanhasibelajarsiswa. Hal inidapatdibuktikandarihasilprasiklussebelummenerapkan model kepalabernomorterstrukturmenggunakanalatperagapetakpersegisatuanhanya37,04 (10 siswa) yang memenuhiKriteriaKetuntasan Minimal (KKM), sedangkan 62,96% (17siswa) belummemenuhi KKM yang kemudianmengalamipeningkatanpadasiklus I yang menunjukkanbahwasiswamencapaikriteriaketuntasanklasikal74,08% (20 siswa) yang memenuhiKriteriaKetuntasan Minimal dan 25,92% (7 siswa) belummemenuhiKriteriaKetuntasan Minimal. Kemudianpadasiklus II hasilbelajar 88,90% (24 siswa)mencapaiKriteriaKetuntasan Minimal dan 11,10% (3 siswa) belummencapaiKriteriaKetuntasan Minimal.Dengandemikian, hasilbelajar yang diperolehsiswadarisiklus I kesiklus II mengalamipeningkatansebesar 14,82%. Pengarang : a. Nama : b. Email :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 07:08
Last Modified: 28 Apr 2018 07:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3907

Actions (login required)

View Item View Item