PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS III B DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Jatmiko, Danang (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS III B DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Danang Jatmiko_11510088.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan masih menjadi masalah utama bagi bangsa Indonesia. Sudah menjadi kewajiban bersama bagi setiap warga negara Indonesia terutama guru untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, berbagai model dan metode pembelajaran aktif pun semakin banyak dan berfariasi. Salah satu pembelajaran aktif yang dapat diterapkan yaitu model Experiential Learning. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model Experiential Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi Benda dan Sifatnya pada siswa kelas III B di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga? Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran (siklus). Setiap siklus dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas III B MI Ma’arif Mangunsari Salatiga dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Data yang diperoleh yaitu berupa prestasi belajar IPA yang didapat dari tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa: Model Experiential Learning merupakan pembelajaran sebagai proses bagaimana pengetahuan diciptakan melalui perubahan bentuk pengalaman. Siswa melakukan secara langsung apa yang dipelajari sehingga siswa mendapatkan pengalaman nyata, kemudian pengalaman yang diperolehnnya tersebut digunakan untuk membangun pengetahuannya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis didapatkan kesimpulan bahwa penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang materi Benda dan Sifatnya di kelas III B MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap prestasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 70,83 (36,66%) menjadi 85,33 (70%) pada siklus I dan menjadi 92,16 (93,33%) pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 07:31
Last Modified: 18 Feb 2016 07:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item