PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW DI MEKKAH MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Arif, M. Nurul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW DI MEKKAH MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nurul Arif, Muhamad. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekkah Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstal Dan Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMK Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Index Card Match Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa SMK N 1 Pabelan pada pembelajaran PAI. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi metode yang digunakan saat pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji dalam dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan metode pembelajaran Kontekstual dan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Mekkah pada siswa kelas X Semester 1 pada SMK Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TB 1 semester 1 SMK N 1 Pabelan dengan jumlah siswa sebanyak 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada pra siklus yang mencapai KKM sebanyak 7 anak dari 22 anak atau 31,8% dari 100%, dengan nilai rata-rata 60. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 12 anak dari 22 anak atau 54,5% dari 100%, dengan nilai rata-rata 69,5. Selanjutnya pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 20 anak dari 22 anak atau 90,9 dari 100%, dengan nilai rata-rata 84,5. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Kontekstual dan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW pada kelas X semester 1 SMK N 1 Pabelan kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Pengarang : Nama : Email :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 02:54
Last Modified: 02 May 2018 02:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item