Arif, M. Nurul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW DI MEKKAH MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (6MB) |
Abstract
Nurul Arif, Muhamad. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekkah Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstal Dan Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMK Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Index Card Match Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa SMK N 1 Pabelan pada pembelajaran PAI. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi metode yang digunakan saat pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji dalam dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan metode pembelajaran Kontekstual dan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Mekkah pada siswa kelas X Semester 1 pada SMK Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TB 1 semester 1 SMK N 1 Pabelan dengan jumlah siswa sebanyak 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada pra siklus yang mencapai KKM sebanyak 7 anak dari 22 anak atau 31,8% dari 100%, dengan nilai rata-rata 60. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 12 anak dari 22 anak atau 54,5% dari 100%, dengan nilai rata-rata 69,5. Selanjutnya pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 20 anak dari 22 anak atau 90,9 dari 100%, dengan nilai rata-rata 84,5. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Kontekstual dan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW pada kelas X semester 1 SMK N 1 Pabelan kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Pengarang : Nama : Email :
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 May 2018 02:54 |
Last Modified: | 02 May 2018 02:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4013 |
Actions (login required)
View Item |