Ulya, M. Abdul Wahid (2018) ATSARU FAHMU KITABU SYARHI IBNU ‘AQIL ‘ALA MAHAROTI AL-QIRO’ATI LADAY AT-THULAABI FII AL-MARHALATI AL-‘ULYA BI MA’HADI AL-MAS’UDIYATI AL-ISLAMII AS-SALAFII BLATER JIMBARAN BANDUNGAN LIL ‘AAMI AD- DIROSII 2017/2018 M. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
البحث.pdf Download (5MB) |
Abstract
(M. Abdul Wahid Ulya 112 14 040) Judul : Pengaruh pemahaman kitab Alfiyah ibnu ‘Aqil terhadap keterampilan membaca bagi siswa tingkat ‘Ulya dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M. ( Kata Kunci : Pemahaman kitab Alfiyah ibnu ‘aqil dan Keterampilan membaca. ) Tujuan yang ada didalam pembahasan Skripsi ini adalah : 1). Untuk mengetahui tingkatan pemahaman siswa dijenjang ‘Ulya dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M terhadap kitab Alfiyah Ibnu ‘Aqil. 2). Untuk mengetahui tingkatan keterampilan membaca siswa jenjang ‘Ulya dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M. 3). Untuk mengetahui adanya pengaruh didalam memahami kitab Alfiyah Ibnu ‘Aqil terhadap keterampilan membaca bagi siswa jenjang ‘Ulya dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M. Adapun metode yang digunakan penulis dalam mengumpulkan data-datanya adalah metode test, metode interview, metode dokumentasi. Dan adapun cara yang digunakan penulis dalam mengolah data-data yang diperoleh menggunakan pengkelompokan persen atau hitungan persen (per seratusan) dan juga menggunakan rumus Product Moment. Setelah data-data yan didapat oleh penulis terkumpul dan diolah dengan rumus yang sudah disediakan, maka didapati kesimpulan atau hasil sebagai berikut : 1. Tingkatan pemahaman siswa pada jenjang ‘Ulya terhadap kitab Alfiyah Ibnu ‘aqil dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M adalah : 37% pada tingkat tinggi, 20% pada tingkat sedang dan 43% pada tingkat rendah. 2. Tingkat keterampilan membaca bagi siswa dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M adalah 40% pada tingkat tinggi dan 29% pada tingkat sedang dan 31% pada tingkat rendah. 3. Terdapat dampak yang positif dari pengaruh pemahaman kitab Alfiyah Ibnu ‘Aqil terhadap keterampilan membaca pada siswa dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M, karena dengan melalui pengolahan data yang menggunakan rumus prouct moment terdapat hasil (rxy) sebesar 0,780 yang mana hal itu lebih besar dari data yang ada ditabel product moment dimana yang 5% hanya 0,244 dan yang 1% hanya 0,317% yang artinya adalah terdapat pengaruh positif atas pemahaman kitab Alfiyah Ibnu ‘aqil terhadap keterampilan membaca bagi siswa jenjang ‘Ulya dipondok pesantren Al-Mas’udiyah al-Islami as-Salafi Blater, Jimbaran, Bandungan tahun pelajaran 2017/2018 M. Pengarang : a. Nama : b. E-Mail :
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Alqur'an Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 May 2018 03:15 |
Last Modified: | 02 May 2018 03:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4014 |
Actions (login required)
View Item |