Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Progam Bil-Hifdzi Pada Santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Muntaha Kelurahan Cebongan Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga

Kadarwati, Rizkiana (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Progam Bil-Hifdzi Pada Santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Muntaha Kelurahan Cebongan Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kadarwati, Rizkiana. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Progam Bil-Hifdzi Pada Santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Muntaha, Kel. Cebongan, Kec. Argomulyo, Salatiga. Skripsi. IAIN Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiharjo, M.Ag. Kata Kunci: pendidikan karakter dan progam bil-hifdzi Penelitian ini adalah upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada progam bil-hifdzi di PPTQ Al-Muntaha. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu, 1) Apa sajakah nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui program bil-hifdzi pada santriwati PPTQ Al-Muntaha?, 2) Apa sajakah kegiatan yang dilaksanakan dalam penerapan nilai-nilai karakter melalui program bil-hifdzi pada santriwati PPTQ Al-Muntaha?, 3) Bagaimana implementasi program bil-hifdzi PPTQ Al-Muntaha yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan mulai bulan November tahun 2017. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui progam bil-hifdzi, yaitu: disiplin, kerja keras, sabar, tanggung jawab, ikhlas, tawadhu’, ta’dhim, kesederhanaan, komitmen dan konsisten, istiqomah, tenang, lemah lembut, sopan santun, toleransi, menjaga diri (lisan dan perbuatan), jujur, adil, menghargai waktu, semangat fastabiqul khoirot, rajin, tekun, kebersamaan, kerjasama, dan pantang menyerah.Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka penanaman nilai karakter terhadap santriwati progam bil-hifdzi yaitu sholat berjama’ah, mengaji al-Qur’an, sorogan kitab, bandogan kitab, qiyamul lail, sima’an, ro’an, tartilan, tahlilan, ziarah, dziba’an, khitobah, peringatan maulid Nabi dan isro’ mi’roj. Kegiatan tersebut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepribadian santriwati. Sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang, lambat laun akan terserap pikiran dan akan tertanam dalam hati. Implementasi progam bil-hifdzi PPTQ Al-Muntaha yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter sudah berjalan dengan baik. Keberhasilan progam bil-hifdzi yang terintegrasi dengan penanaman nilai karakter dapat diamati dari berjalannya kegiatan yang telah dijadwalkan, sehingga menghasilkan perubahan sikap para santriwati. Bahkan hampir seluruh santriwati mengalami perubahan perilaku dari sebelum dan sesudah memasuki progam bil-hifdzi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 06:33
Last Modified: 02 May 2018 06:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item