PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V DI MI AL ISLAM SUTOPATI 3 KEC. KAJORAN KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Muakhidah, Inta Nur (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V DI MI AL ISLAM SUTOPATI 3 KEC. KAJORAN KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Muakhidah, Inta. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V di MI Al Islam Sutopati 3 Kec. Kajoran Kab, Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd Kata Kunci : Hasil belajar IPA, Pendekatan CTL dan alat peraga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V MI Al Islam Sutopati 3 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas V MI Al Islam Sutopati 3 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang yang terdiri dari 26 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI Al Islam Sutopati 3 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V MI Al Islam Sutopati 3 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan alat peraga hanya 10 siswa (38,46%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan masih ada 16 siswa (61,54%) yang belum memenuhi KKM. Selanjutnya pada siklus I ada 12 siswa (46.15%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ada 14 siswa (53,85%) belum memenuhi KKM. Kemudian, pada siklus II ada 19 siswa (73,08%) memenuhi KKM dan ada 7 siswa (26,92%) yang belum tuntas dari KKM. Terakhir pada siklus III 26 siswa (100%) tuntas dari KKM. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 07:08
Last Modified: 02 May 2018 07:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item