PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PRAKTIK MANASIK HAJI SISWA KELAS 6 SD ISLAM AL-AZHAR 25 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Prasetyo, Imam (2018) PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PRAKTIK MANASIK HAJI SISWA KELAS 6 SD ISLAM AL-AZHAR 25 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI - PDF (114-14-001).pdf

Download (6MB)

Abstract

Prasetyo, Imam. 2018. Pembelajaran Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Praktik Manasik Haji Siswa Kelas 6 SD Islam Al-Azhar 25 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Salatiga: Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: pendidikan karakter, kegiatan manasik haji. Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui secara mendalam upaya pembelajaran nilai karakter melalui kegiatan keagamaan pada siswa yang melakukan manasik haji, dan beberapa faktor yang dapat menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran karakter di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dan pengembangan bagi sekolah, guru dan orang tua dalam mengajarkan nilai karakter pada anak di tengah-tengah terjadinya kemerosotan moral bangsa yang salah satu penyebabnya adalah sistem pendidikan yang dinilai lebih mementingkan pengetahuan dan mengabaikan pada emosi dan etika pergaulan dan lebih jauh lagi pendidikan mematikan kreatifitas dan inovasinya serta tidak didasari dengan pembelajaran perilaku yang baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil data dari pelaksanaan manasik haji yang dilakukan oleh SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik triangulasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah; 1) mereduksi data; 2) menyajikan data; 3) kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi (baik sumber, metode dan teori). Proses dari pembelajaran nilai karakter melalui manasik haji antara lain dengan melakukan miqat, pembacaan talbiyah, dengan melakukan niat ihram, thawaf, sa’i, wukuf dan lempar jamrah, serta sholat di belakang maqam Ibrahim. Adapun beberapa faktor pendukung antara lain adanya pembimbing yang kompeten, adanya pematangan materi manasik, biaya pelaksanaan dan akomodasi yang ditanggung pihak sekolah, pembacan do’a yang ringkas, dan sedangkan beberapa faktor penghambat antara lain tidak ada jeda waktu untuk istirahat, area yang lumayan luas, kelelahan fisik, beberapa tempat strategis yang kurang tersedia (Muzdalifah dan Mina), serta adanya pembimbing yang kurang memperhatikan jamaahnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:08
Last Modified: 03 May 2018 02:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item