PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE DRILL PADA SISWA TUNAGRAHITA SMA-LB NEGERI SALATIGA TAHUN 2017/2018

Umam, Khotibul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE DRILL PADA SISWA TUNAGRAHITA SMA-LB NEGERI SALATIGA TAHUN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Umam, Khotibul. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Drill Pada Siswa Tunagrahita SMA-LB Negeri Salatiga Tahun 2017/2018. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Islam Salatiga Pembimbing Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, PAI, Metode Drill, Tunagrahita. Hasil belajar yang diperoleh siswa SMA-LB Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih rendah, yaitu hanya mencapai rata-rata nilai kelas 59, sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah adalah 75. Hal ini disebabkan dalam penyampaian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah dan masih kurang dalam pemberian latihan. Metode Drill dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Tunagrahita. Metode ini mengarahkan kepada siswa untuk latihan secara berulang-ulang, yang dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan siswa sesuai dengan prosedur. Sehingga para siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap guru. Sedangkan teknik analisis menggunakan model analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa Tunagrahita ringan SMA-LB Negeri Salatiga menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 3 dan yang belum tuntas 7 dengan rata-rata kelas 61. Pada siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 5 dan yang belum tuntas 5 dengan rata-rata kelas 73. Pada siklus III peserta didik yang tuntas sebanyak 10 dan yang belum tuntas tidak ada dengan rata-rata kelas 87.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:11
Last Modified: 03 May 2018 02:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4043

Actions (login required)

View Item View Item