Peningkatan Pengembangan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Media Papan Raba Pada Anak Kelompok A RA Miftahul Huda 1 Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Purnawati, Eka (2018) Peningkatan Pengembangan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Media Papan Raba Pada Anak Kelompok A RA Miftahul Huda 1 Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
eka purnawati 11613028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Purnawati, Eka. 2017. PeningkatanPengembangan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Media Papan Raba Pada Anak Kelompok A RA Miftahul Huda 1 Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr Budiyono Saputro, M.Pd. Kata kunci: Lambang Bilangan, Papan Raba Menurut UU No. 20 Tahun 2003pasal 1butir 14, PAUD adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan media permainanpapan raba pada anak kelompok A di RA Miftahul Huda 1 Lopait. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan MC Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A RA Miftahul Huda 1 Lopait yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan lembar kerja anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan raba dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Tindakan pra siklus sebesar 55% kemudian di siklus I rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sebesar 70% selanjutnya di siklus II rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan mencapai 86%. Selisih peningkatan dari pra tindakan dan siklus I sebesar 15%, selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16%.Berdasarkan hasil Penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui media papan raba dapat dikembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada Anak kelompok A RA Miftahul Huda 1 Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018 telah terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:18
Last Modified: 03 May 2018 02:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item