Utami, Siti Rizqy (2018) IMPLEMENTASI NILAI–NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NONMUSLIM (Studi Kasus di SMP Pangudi Luhur Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI BURN PDF.pdf Download (3MB) |
Abstract
Utami, Siti Rizqy. 2018. Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Pada Lembaga Pendidikan non-Muslim (Studi Kasus di SMP Pangudi Luhur Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: implementasi, toleransi dan lembaga pendidikan non-Muslim Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai toleransi di lembaga pendidikan non muslim 2) Apa saja bentuk-bentuk implementasi nilai-nilai toleransi di lembaga pendidikan non muslim 3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi nilai-nilai toleransi di lembaga pendidikan non muslim melalui implementasi nilai-nilai toleransi antar umat beragama di Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur Salatiga. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field reasearch) dan bersifat deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara untuk mengetahui sudut pandang warga sekolah mengenai implementasi nilai-nilai toleransi antar umat beragama, sedangkan data tambahan berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMP Pangudi Luhur Salatiga dapat dikategorikan dalam dua bidang yakni ritual dan sosial. a) Toleransi bidang ritual diantaranya adalah megizinkan berdo’a sesuai dengan keyakinan masing-masing, mengingatkan untuk selalu melakukan ibadah puasa bagi siswa muslim dan ikut memperingati hari besar agama lain b) Toleransi dalam bidang sosial yaitu tidak membeda-bedakan siswa, memberikan kesempatan yang sama dalam memperoleh pekerjaan, memberikan kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi siswa, keadilan dalam memberikan hukuman tanpa memandang statusa agama. 2) Bentuk-bentuk implementasi nilai-nilai toleransi antar umat beragama dapat dikategorikan menjadi a) Bhakti sosial b) Apel pagi c) Peringatan hari besar agama. 3) Faktor pendorong implementasi nilai-nilai toleransi yaitu a) Faktor internal berupa pemahaman atas Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila, kesadaran yang timbul pada diri siswa sejak pertama kali masuk ke SMP Pangudi Luhur Salatiga, dorongan dari guru maupun karyawan untuk senantiasa memupuk kerukunan di sekolah, kebijakan pihak sekolah yang mencoba mewadahi siswa sesuai dengan potensinya, dukungan dari para siswa dalam perayaan hari besar umat beragama. b) Faktor ekternal yaitu Dukungan dari orang tua siswa atas kegiatan yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama lain. Sedangkan faktor penghambat implementasi nilai-nilai toleransi di SMP Pangudi Luhur Salatiga adalah a) Dari siswa meliputi permasalahan antar sesama siswa dikarenakan perbedaan pendapat dll. b) Dari sarana prasarana yaitu kurangnya fasilitas ibadah yang menunjang terutama bagi siswa yang beragama muslim.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 May 2018 02:24 |
Last Modified: | 03 May 2018 02:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4049 |
Actions (login required)
View Item |