PERAN PENDIIDKAN KARAKTER DALAM MENANGGULANGI GAYA HIDUP HEDONISME (KAJIAN PEMIKIRAN MUNIF CHATIB)

Septiana, Annisa (2018) PERAN PENDIIDKAN KARAKTER DALAM MENANGGULANGI GAYA HIDUP HEDONISME (KAJIAN PEMIKIRAN MUNIF CHATIB). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA SEPTIANA 11113061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Annisa Septiana. 2018. Peran Pendidikan Karakter dalam Menanggulangi Gaya Hidup Hedonisme (Kajian Pemikiran Munif Chatib). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. H. Zakiyuddin Baidhawy, M. Ag. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Hedonisme, Munif Chatib. Salah satu penyebab yang melanggengkan degradasi moral yang mengakibatkan gaya hidup hedonisme merajalela adalah pemahaman mengenai pendidikan karakter. Perkembangan zaman yang telah memberikan kemudahan dalam mengakses pengetahuan hal ini tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga membawa dampak negatif. Minimnya pengetahuan akan hakikat pendidikan karakter tanpa disadari mengikis moral generasi penerus. Sehingga dengan begitu perlu ditelaah kembali akan hakikat pendidikan karakter dalam menanggulangi degdrasi moral terlebih gaya hidup hedonisme. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Munif Chatib; (2) Bagaimana cara pendidikan karakter menanggulangi hedonisme menurut pemikiran Munif Chatib (3) Apa relevansi dan pemikiran Munif Chatib dalam pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu studi tokoh, suatu penelitian dimana data-datanya diperoleh dari hasil pemikiran tokoh tersebut, baik pemikiran tersebut dituangkan dalam karya-karyanya sebagai sumber pustaka, jurnal, maupun artikel tentang pemikirannya sebagai sumber sekunder. Dalam penelitian ini sumber data primernya menggunakan buku karya Munif Chatib yaitu Sekolahnya Manusia, Gurunya Manusia, dan Orangtuanya Manusia. Adapun sumber data sekunder meliputi: buku-buku, artikel dan jurnal yang menunjang materi tentang pendidikan karakter dan hedonisme. Temuan penulis berkaitan pertanyaan yang ada yaitu (1) Konsep Pendidikan karakter menurut Munif Chatib suatu istilah yang luas yang digunakan untuk menggambarkan kurikulum dan ciri-ciri organisasi sekolah yang mendorong pengembangan nilai-nilai fundamental anak-anak di sekolah. (2) Cara pendidikan karakter dalam menanggulangi hedonisme menurut Munif Chatib adalah melalui proses pendidikan di dalam lembaga pendidikan (sekolah), guru dan orang tua. (3) relevansi dan implikasi pemikiran Munif Chatib dalam pendidikan Islam yaitu sama-sama mengemban misi memanusiakan manusia, menghargai fitrah manusia, hal ini dapat diwujudkan dengan mengembangkan strategi pembelajaran melalui pendekatan multiple intellegences (kecerdasan majemuk).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:32
Last Modified: 03 May 2018 02:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item