IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TENGARAN

Nurkhayati, Nurkhayati (2018) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsiku fixxx.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurkhayati, 2018. Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Tengaran. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fathchurrohman, M.Pd. Kata kunci : Konsep humanistik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebanyakan peserta didik yang berasal dari lingkungan keluarga kurang memperhatikan perkembangan anak dan potensi yang dimiliki anakdikarenakan kesibukan pekerjaan, sehingga masih banya anak-anak yang cenderung berperilaku menyimpang. Guru dituntut untuk dapat memperbaiki kepribadian dan akhlak siswa melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dengan konsep memanusiakan manusia (humanis). Tujuannya agar anak merasa diakui, diperhatikan, dan dikasihi. Sehingga peserta didik akan dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada pada dirinya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah berikut: 1) Bagaimana penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Tengaran?, 2) Bagaimana dampak penerapan pembelajaran humanistik terhadap siswa dalam pembelajaran PAI?, 3) Apa problematika dalam penerapan pembelajaran humanistik pada siswa dan bagaimana solusinya?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode triangulasi. Implementasi konsep humanistik dalam pembelajaran Agama Islam berupa model pembelajaran aktif, kegiatan sosial, pendampingan, dan pembinaan. Ketiganya saling berkesinambungan dan berkaitan satu sama lain untuk mewujudkan konsep pendidikan humanistik. Dampak penerapan teori belajar humanistik ini terlihat dari perilaku yang ditunjukkan siswa sehari-hari disekolah dengan kebiasaan sholat berjamaah, hafalan al qur’an, dan hubungan yang harmonis antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru. Siswa dapat mengaplikasikan apa yang dipelajari dengan cukup baik. Sedangkan problematika yang dihadapi ialah kurangnya waktu interaksi antara guru dan siswa sehingga guru kurang maksimal dalam memahami siswanya, kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran, kemudian adanya sikap siswa yang tertutup. Solusi untuk problematika tersrbut ialah dengan membangun kerjasama antara sekolah dengan orang tua siswa dengan membuat paguyuban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:16
Last Modified: 03 May 2018 03:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4058

Actions (login required)

View Item View Item