IMLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK KELUARGA PERANTAU (Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang)

AINURROFI, ANISA (2018) IMLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK KELUARGA PERANTAU (Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ainurrofi, Anisa. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Keluarga Perantau (Studi Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muh. Hafidz, M.Pd Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, dan Keluarga Perantau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter pada anak keluarga perantau. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Keluarga Perantau Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang? (2) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Pendidikan Karakter Pada Anak keluarga Perantau Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang? (3) Apa sajakah solusi faktor penghambat Pendidikan Karakter Pada Anak Keluarga Perantau Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Tokoh Masyarakat, Ibu, Ayah, dan Nenek yang merupakan pengasuh anak dalam keluarga perantau. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Karakter Pada Anak Keluarga Perantau Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang telah terlaksana dengan baik, sesuai dengan karakter yang diinginkan yaitu disiplin, tanggung jawab, dan jujur melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengevaluasian. (1) Implementasi pendidikan karakter pada anak, untuk mencapai pendidikan maupun karakter yang baik meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan pengevaluasian. perencanaan: mengajarkan hal-hal yang mudah dimengerti dan mudah dipahami. Pengorganisasian: bermain dengan teman sebayanya dan memberi pengertian kepada anak. Pelaksanaan: memberi contoh berkarakter yang baik. Pengawasan: memantau anak baik dari pendidikan maupun karakter. Pengevaluasian: melihat hasil prestasi belajar. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Implementasi Pendidikan Karakter di Desa Candi. Faktor pendukung pada anak antara lain: anak belajar mandiri, anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar, anak lebih bertanggung jawab. Sedangkan faktor penghambat yaitu: antusias teman bermain, lingkungan, dan anak menjadi malas-malasan. (3) Solusi yang diterapkan untuk mengatasi faktor penghambat yaitu meminta bantuan saudara yang lebih berkompeten.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:34
Last Modified: 03 May 2018 03:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item