PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA KELAS 3 SDN MARGOSONO KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Masruroh, Umi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA KELAS 3 SDN MARGOSONO KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masruroh, Umi. 2018. Peningkatan hasil belajar ips materi lingkungan alam dan buatan melalui metode karyawisata pada siswa kelas 3 sdn margosono kecamatan tersono kabupaten batang tahun pelajaran 2017/2018.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Dosen Pembimbing Imam Mas Arum M. Pd. Kata Kunci: Hasil belajar,Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Karyawisata. Karyawisata merupakan suatu perjalanan atau pesiar yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Meskipun karyawisata memiliki banyak hal yang bersifat nonakademis, tujuan umum pendidikan dapat segera dicapai, terutama berkaitan dengan pengembangan wawasan pengalaman tentang dunia luar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Karyawisata dalam pembelajaran IPS meningkat. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan hasil rata-rata pada tiap siklus, rata-rata hasil belajar kelas III sebelum melakukan penerapan metode Karyawisata yaitu 65 dengan ketuntasan 38,8%. Pada siklus 1, 12 siswa mencapai KKM dan 6 siswa belum mencapai KKM dengan rata-rata meningkat menjadi 73,8% dan ketuntasan 66,6%. Pada siklus II, semua siswa mencapai KKM dengan rata-rata meningkat menjadi 89,4 dan ketuntasan 100%. Penelitian skripsi ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode Karyawisata pada kelas III, pada materi Lingkungan Alam dan Buatan. Data yang diambil yaitu dengan mencatat hasil observasi, dalam setiap siklus peneliti melakukan pengamatan terhadap siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS materi Lingkungan Alam dan Buatan. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui pengalaman pelaksanaan metode karyawisata pada mata pelajaran IPS sesuai dengan RPP. Digunakan lembar tes yang dikerjakan oleh siswa, tes yang digunakan berupa tes akhir untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa. Data tersebut kemudian diolah secara kuantitatif. Berdasarkan penelitian ini, disarankan dapat menjadikan bahan pertimbangan untuk upaya meningkatkan hasil belajar siswa, dapat menerapkan prinsip kerjasama dan tanggung jawab dalam mengemban tugas serta mengurangi kejenuhan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:57
Last Modified: 03 May 2018 03:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item