NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAU’IDHAH AL- MUKMINĪN KARYA SYAIKH MUHAMMAD JAMALUDDIN AL-QĀSIMI

Istiqomah, Niqmatul (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAU’IDHAH AL- MUKMINĪN KARYA SYAIKH MUHAMMAD JAMALUDDIN AL-QĀSIMI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi isti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Istiqomah, Niqmatul. 2017. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Mau’idhah al-Mukminīn Karya Syaikh Muhammad Jamaluddin al-Qāsimi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Ulfah Susilawati, M.SI. Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak. Lingkungan memberikan kontribusi sangat besar dalam kehidupan, dan dapat membentuk suatu kebiasaan terhadap seseorang. Terlebih pada pertumbuhan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Baik buruknya lingkungan akan diikuti oleh mereka. Maka, dengan bekal pendidikan akhlak seseorang akan mengetahui batas mana yang baik dan batas mana yang buruk. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan akhlak menurut Muhammad Jamaluddin al-Qāsimi dalam kitab Mau’idhah al-Mukminīn. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apa saja pokok bahasan yang terdapat dalam kitab Mau’idhah al-Mukminīn, (2) Bagaimana model pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Mau’idhah al-Mukminīn, dan (3) Bagaimana implikasi pendidikan akhlak dalam kitab Mau’idhah al-Mukminīn dalam kehidupan manusia sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Ihya’ ‘Ulumuddin, sumber sekundernya adalah kitab Mau’idhah al-Mukminīn dan terjemahannya serta sumber tersiernya adalah kitab-kitab dan buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode content analysis dan reflektif thinking. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa pokok bahasan yang terdapat dalam kitab Mau’idhah al-Mukminīn karya Syaikh Muhammad Jamaluddin al-Qāsimi secara garis besar menjelaskan tentang berbagai hikmah ‘ibadah, mu’amalat, munakahat serta pendidikan akhlak. Model pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Mau’idhah al-Mukminīn dikelompokkan menjadi tiga skala besar, yaitu pendidikan terhadap Allah SWT, pendidikan terhadap diri sendiri dan pendidikan terhadap lingkungan. Sedangkan implikasi dalam kehidupan manusia sehari-hari sesuai dengan apa yang di jelaskan dalam kitab Mau’idhah al-Mukminīn menekankan pada sikap yang harus diambil oleh seorang hamba dalam memperoleh pendidikan akhlak yang baik. Hal ini dilakukan dengan dua jalan, yaitu: Dengan melimpahkan karunia Ilahi dan kesempurnaan fitrah kejadian serta dengan mengusahakan akhlak-akhlak ini dengan jalan bersungguh-sungguh dalam melatih jiwanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:07
Last Modified: 03 May 2018 04:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item